Introvert: Pendiam yang Sering Disalahartikan



Oleh: Anwar Abba (aka MK Anwar)


Opini - Introvert adalah sebuah sifat atau karakter seseorang, cenderung menyukai kesendirian. Saat anda nongkrong di suatu tempat, pasti anda akan melihat satu orang yang terlihat diam diantara sekelompok orang. Tapi, bukan berarti introvert tidak ingin bersosialisasi atau bercengkerama dengan teman lainnya. Justru, seorang introvert lebih sering memerhatikan dan menganalisa setiap percakapan dan keadaan.

Berdasarkan asal kata, introvert sendiri diperkenalkan oleh seorang tokoh psikologi bernama Carl Jung. Carl mengelompokkan introvert sebagai kaum minoritas dengan peranan yang menonjol di masyarakat. Meski introvert suka dengan kesendirian, bukan berarti mereka senang menyendiri. Justru introvert lebih selektif dalam memilih teman, karena bagi mereka teman adalah cerminan wawasan dan pengalaman hidup.

Seorang introvert sangat jarang menceritakan mengenai hal yang bersifat pribadi kepada orang lain. Bagi mereka, kehidupan pribadi hanya bisa diceritakan kepada teman sejati. Tidak lain dan tidak bukan, karena mereka cenderung selektif dalam memilih lingkaran pertemanan.

Dari segi kemampuan asah otak, introvert dikategorikan sebagai seseorang yang memiliki aliran darah lebih banyak pada anterior pada otak bagian depan. Hal ini dikemukakan dalam majalah American Journal of Psychiatry. Jadi jangan kaget, ketika kalian melihat ada seseorang yang berfokus pada hal-hal yang bersifat psikis. Sebab introvert senang sekali menjelajahi ruang pikirnya, baik dengan cara membaca buku, menonton video yang menajamkan pemikiran hingga menyerap berbagai macam informasi.

Kecenderungan mereka menggali hal-hal mendalam dari psikis, membuat introvert memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi dibandingkan orang lain. Saat melihat masalah, mereka bisa dengan cepat menganalisa dan merencanakan sebuah solusi dengan tepat. Dikatakan tepat, karena mereka akan menganalisa dari berbagai sudut pandang. Baik yang nampak hari ini hingga menerawang konsekuensi yang terjadi di masa depan. Tak hanya itu, kebiasaan mereka yang sering mengamati, membuat introvert lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Tidak heran, jika mereka bisa mengetahui keadaan seseorang hanya dengan melihat mimik wajah hingga bahasa tubuh lawan bicaranya.

Dengan segala kemampuan yang dimiliki, kadang orang salah mengartikan introvert sebagai orang yang pemalu dan cenderung diam. Sebenarnya mereka lebih suka untuk membicarakan hal yang to the point dan tidak bertele-tele. Tak hanya itu, kadang pula orang banyak menyalahartikan bahwa introvert sebagai seorang yang aneh. Justru mereka sebenarnya tengah mengolah kreatifitas pikiran hingga menghasilkan maha karya yang indah. Tidak heran, jika kalian menemui banyak seniman dengan kepribadian introvert.

Mengutip pendapat dari ahli psikologi seperti Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist, orang-orang introvert adalah orang dengan kreatifitas yang berkelas. Mereka bisa menciptakan harmoni antara kedalaman pikiran dan intuisi. Soal hobi, biasanya introvert gemar menulis. Mereka lebih terbuka dalam menjelaskan isi pikiran hingga membagikan pengalamannya dengan orang lain.

Dalam falsafah hidupnya, orang introvert memiliki hal yang unik. Mereka cenderung mencari keadaan netral, dimana positif dan negatif saling mendukung. Layaknya dunia ini yang seperti paradoks, ada hitam dan putih, ada baik dan buruk. Bagi mereka, suatu hal tidak akan ada jika kebalikannya tidak pernah ada. Di dunia ini, manusia tidak akan bisa melihat warna putih jika warna hitam tidak ada. Sosok-sosok introvert ini, biasanya memiliki perawakan yang bersahaja. Berikut beberapa tokoh dunia yang memiliki kepribadian introvert, seperti Mahatma Ghandi, Albert Einstein, Bill Gates, JK Rowling, Nicole Kidman, dan lain sebagainya.

Begitulah introvert, pendiam yang lebih sering disalahartikan. Bagi mereka kehadiran bukanlah tujuan hidup utama. Bagi mereka, kebermanfaatan dan karya adalah yang utama. Sebagai penutup, berikut sepenggal kutipan dari Nicole Kidman. Dia pernah berkata,"...sementara introvert adalah kelompok minoritas dalam masyarakat, mereka membentuk sebuah mayoritas bagi orang-orang yang berbakat".


EmoticonEmoticon